Rabu, 17 Februari 2010

Menghindari Investasi Bodong, Bagaimana dengan Bowojenggot ?

Memperhatikan komentar-komentar di BOWO JENGGOT GATEWAY PULSATRONIK cukup menarik untuk dicermati. Memang sudah banyak Investasi Bodong ( investasi yang tak jelas ujung pangkalnya ), untuk menghindari Investasi Bodong kita memang harus waspada.

Berikut potongan dari perdebatan mengenai Investasi Bowojenggot :

Menghindari Investasi Bodong
Oleh Anton A Setyawan

LEMBAGA Ombudsman Swasta (LOS) DI Yogyakarta menerima laporan tujuh kasus penipuan investasi yang menelan korban cukup banyak. Ada tujuh perusahaan investasi palsu yang dilaporkan, yaitu PT Futurista International Paradana, CV Mitra Wira Usaha Mandiri, CV Java Lintas Niaga, CV Wahyu Sejahtera Mandiri, Koperasi Dharma Sejahtera Niaga, CV Medical, dan satu perusahaan lagi belum diketahui identitasnya.

Pola penipuan investasi bodong itu sebenarnya sangat sederhana, yaitu memberikan iming-iming besar dalam pengembalian investasi. Beberapa perusahaan menawarkan keuntungan di atas lima persen per bulan. Jumlah itu tentu sangat besar dibandingkan dengan deposito di bank umum dengan total bunga hanya 10 persen per tahun, sedangkan investasi bodong menjanjikan 48 persen per tahun.

Iming-iming keuntungan tinggi seperti itu jelas menarik minat masyarakat awam yang tidak memahami seluk beluk investasi. Modus operandi seperti itu umum dilakukan oleh perusahaan investasi palsu yang beredar di masyarakat.

Kasus investasi bodong tersebut seperti mengulang cerita lama dari kasus CV Medical di Solo, PT Q-Sar, dan PT Add Farm yang melakukan bisnis pengumpulan dana dari masyarakat.

Artikel ini membahas tentang metode penilaian investasi yang praktis dan mudah digunakan oleh masyarakat yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan ekonomi atau bisnis. Hal itu bertujuan agar masyarakat mempunyai pegangan atau dasar dalam melakukan penilaian investasi.

Janji Keuntungan Tinggi

Keputusan melakukan investasi didasari oleh keinginan untuk memperoleh keuntungan. Sesuai dengan teori investasi, maka seorang investor mempunyai dua pilihan untuk menanamkan uangnya. Pilihan pertama adalah menabung di bank dengan harapan memperoleh bunga dari bank tersebut. Pada saat bunga bank tinggi, menabung di bank sangat menguntungkan, namun pada saat kisaran bunga bank rendah seperti saat ini, kurang menguntungkan.

Pilihan kedua adalah melakukan investasi (membuka usaha/menanamkan modal). Harapan melakukan investasi adalah memperoleh tingkat pengembalian (rate of return) yang tinggi. Dalam kasus investasi bodong, investor diiming-imingi keuntungan 48 persen dalam satu tahun atau empat persen tiap bulan dari royalti.

Dibandingkan dengan bunga bank yang hanya 11 persen per tahun, jumlah itu sangat menggiurkan. Hanya, dalam tawaran investasi itu calon investor tidak pernah diberikan informasi tentang risiko investasi. Padahal dalam setiap keputusan investasi selalu ada risiko.

Dalam bahasa sehari-hari, risiko investasi adalah persentase kemungkinan usaha itu mengalami kerugian. Dalam ilmu studi kelayakan bisnis dikenal beberapa metode penilaian investasi. Metode penilaian investasi tidak terbatas hanya dengan melihat tingkat keuntungan, namun juga memperhatikan berbagai risiko, analisis pasar, dan aspek sosial dari sebuah investasi.

Sebagai contoh, dari aspek keuangan ada tiga metode umum yang digunakan untuk menilai kelayakan sebuah investasi, yaitu pay pack period, internal rate of return (IRR), dan net present value (NPV). Dua metode yang paling umum digunakan adalah IRR dan NPV (Brigham dan Davies, 2002). Keduanya mempertimbangkan tingkat bunga dan risiko penanaman modal. Perhitungan analisis keuangan tidak cukup untuk menilai kelayakan investasi. Analisis pasar juga diperlukan dalam menilai sebuah kelayakan investasi.

Hal itu akan memberikan informasi tentang keberlanjutan dari bisnis bersangkutan. Dalam memulai bisnisnya, investasi bodong sama sekali tidak menyertakan laporan studi kelayakan yang memadai, padahal bisnis itu menggali dana dari masyarakat, sehingga akuntabilitas merupakan hal penting.

Sekali lagi, janji keuntungan tinggi bukan dasar yang baik dalam menentukan keputusan untuk berinvestasi.

Pelajaran bagi Masyarakat

Penilaian investasi secara sederhana sebenarnya dapat dilakukan masyarakat, yaitu dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang bisnis bersangkutan. Sumber informasi saat ini sudah sangat banyak dan bisa dimanfaatkan oleh siapa pun. Posisi investor dalam kasus investasi bodong itu sangat lemah, karena direktur umum yang memegang semua informasi kunci, tidak diketahui rimbanya.

Hal itu juga akan menjadi ganjalan bagi investor bila berniat menuntut perusahaan karena melakukan penyelewengan dalam perjanjian bisnis.

Kontroversi kasus investasi bodong itu akan terus terjadi. Oleh karena itu masyarakat sebaiknya mulai belajar melakukan penilaian investasi dengan prinsip kehati-hatian (prudence). Sebuah idiom bisnis yang harus dipahami oleh masyarakat adalah “keputusan investasi selalu mengandung risiko”. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan penanaman modal dalam bentuk apa pun, pertimbangkan risikonya. (68)

– Anton A Setyawan, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, mahasiswa S3 Ilmu Manajemen UGM Yogyakarta

Bp. faqihn
Trim pak infonya… saya juga baru nyoba-nyoba… setelah melakukan analisis panjang… dalam pengamatan saya… investasi ini digunakan untuk jualan pulsa… dengan teori : Rp. 1juta dibuat jualan pulsa. dengan asumsi 10 orang beli tiap hari, maka 3 hari untungnya 3 x 10 x 1000 = 30000, dalam 1 bulan berarti 30000 x 30/3) = Rp. 300.000, diberikan investor = 10% x 1juta = Rp. 100rb. = sisanya 200.000 untuk PTnya… tapi memang banyak hal yang bisa terjadi…

Semua kembali kepada kita pak… bisnis investasi memang penuh resiko… di pusat bisnis BJ setiap hari selalu terjadi transaksi baik itu orang yang ngambil uang komisi atau nambah investasi / invest baru… udah 7 tahun… lancar… itulah yang jadi pertimbangan mereka yang terus menanamkan modalnya. Dana yang ada digunakan untuk jual pulsa, dan kita harus ikut menjualkan, karena bila kita invest, kita harus menjadi agen reseller / penjual pulsa. Dari itulah BJ bisa terus bertahan… karena selain kita invest, kita juga harus ikut menjadi agen reseller. Yah.. sama-sama usaha gitu pak… Wallahu A’lam..

Bisnis Pulsa Tronik, bisnis paling cemerlang jaman ini. ANDA percaya? Bagaimana tidak? Bayangkan saja beberapa hal berikut :
1. Di mana pun ANDA melihat orang dapat dipastikan lebih dari 60 % mereka pasti memiliki HP.
2. Ke rumah siapapun ANDA mampir, dapat dipastikan dalam satu rumah minimal ada 2 HP dalam keluarga tersebut (Ayah, Ibu, atau bahkan anak-anak sekalipun).
3. Kenyataan, bahwa pengisian pulsa minimal satu buah HP adalah 1 x 10ribu, atau 2 x 5ribu. Ingat!! Itu adalah minimal pemakaian.
Bagaimana?? Masihkah ANDA tidak percaya bahwa Bisnis Pulsa Tronik adalah bisnis paling cemerlang masa kini?? (di masa mendatang kemungkinan besar tetap menjanjikan)
Bowo Jenggot Gateway Pulsa Tronik
Bukan bisnis Pulsa tronik biasa, bisa merubah pulsa menjadi berjuta-juta rupiah
Pintu gerbang kesuksesan, kemudahan hidup, dan jaminan masa depan ANDA dan keluarga.
Bowo Jenggot Gateway merupakan sistem bisnis pulsa tronik yang diluncurkan oleh CV Win – Win Solution, berkantor pusat di Jln. Pagude 252, Talang – Sidojoyo, W O N O S O B O – Jawa Tengah, Telepon (0286)324624.
Selama kurun waktu 5 tahun, Bowo Jenggot Gateway telah mengembangkan usahanya dan telah memiliki ± 500 cabang, dan lebih dari 10000 agen di seluruh Indonesia.
Aliran pulsa dalam sistem ini adalah dari Pusat – Cabang – Agen – Konsumen. Jika ANDA mendaftar, maka ANDA dimasukkan sebagai Agen, yang berfungsi sebagai HOME COUNTER. Dengan menjadi agen, maka HP ANDA disetting untuk dapat menerima deposit, dan mengubahnya menjadi pulsa apapun (±10 jenis operator) melalui format sms tertentu (transaksi ke konsumen). Jika ANDA berbisnis secara konvensional, maka sebelum ANDA dapat berjualan pulsa, ANDA haruslah memiliki modal untuk ANDA transfer ke dealer ANDA (misal 500ribu/hari) supaya mendapat kiriman deposit sejumlah itu. Dalam sistem KAMI, ANDA tidak perlu repot untuk menyediakan modal tersebut. ANDA cukup sms ke KAMI (dengan format tertentu/call langsung), dan deposit KAMI kirim UANG KAMI ambil kemudian.
1. No. HP ANDA diprogram multioperator (dapat mengisi pulsa ke no HP semua operator).
2. Bantuan/layanan pertanyaan-pertanyaan seputar transaksi pulsa (TRX), termasuk daftar format SMS untuk Permintaan Deposit, TRX, SMSCENTER, dsb.
3. Dapat transaksi pulsa dengan HARGA GROSIR (harga pokok yang diterima/lebih rendah dari harga pasar/harga ketika ANDA beli ke Counter Konvensional).
4. Minimal tiap deposit kecil, bahkan deposit 10ribu pun bisa (tapi deposit 10ribu hanya cukup untuk jumlah transaksi yang terbatas)
5. Tidak ada target jumlah maupun besar transaksi dalam sebulan. Perlu ANDA perhatikan, ANDA mendapatkan pulsa HARGA GROSIR. Jadi, dengan mengisi ke HP sendiri pun ANDA tidak rugi bukan?? Bahkan Untung. Apalagi jika ANDA menjualnya, ANDA Untung Berlipat GANDA!! 
6. ANDA mendapatkan Fasilitas Khusus Agen, untuk mendapatkan kemudahan finansial dalam keluarga ANDA. Bentuknya bermacam-macam, ada beasiswa untuk putra-putri ANDA, pembebasan rekening listrik, arisan barang elektronik, arisan motor, arisan umrah, arisan holy journey, arisan laptop, arisan mobil, arisan rumah, pembelian sepeda motor/barang lain secara cash dengan harga dibawah harga pasar, bantuan pertimbangan kredit, bantuan sembako, bantuan langsung tunai dsb. Semua hanya dengan 1 x penyetoran, dan nominalnya terjangkau. Ket lengkap Baca di bawah.
Bowo Jenggot Gateway benar-benar memberikan ANDA bisnis yang bisa meringankan beban hidup ANDA. Dapat HARGA GROSIR, tidak perlu REPOT ke counter, untuk PEMAKAIAN PRIBADI sudah UNTUNG, Dijual jadi LEBIH UNTUNG, PLUS ada fasilitas-fasilitas lain.
Apakah ini bisnis Multi Level Marketing / Money Game?
Tentu Tidak!! KAMI tidak menyuruh apalagi memaksa ANDA untuk mencari downline sebanyak-banyaknya, ataupun membeli produk-produk KAMI agar memperoleh POIN atau REWARD apapun. Dan bisnis pulsa ini pun jelas-jelas bukan Money Game, karena uang ANDA murni untuk usaha ANDA. Bahkan ANDA KAMI beri modal untuk berjualan pulsa.
fasilitas agen BOWO JENGGOT GATEWAY
Program Bantuan Sembako
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 200rb
Administrasi = 25rb
Penerimaan mulai bulan ke-6 Paket Sembako Senilai Rp.27.500 selama 3 tahun

Program Bantuan Langsung Tunai ala Bowo Jenggot
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 250rb
Administrasi = 25rb
Penerimaan mulai bulan ke-6 sebesar Rp.100.000/bulan
selama 5 tahun

Beasiswa untuk putra-putri ANDA
Ketentuan :
Setoran = 13 x besar beasiswa yang diinginkan
Cashback = 75% x setoran
Lama Kontrak : SD (6 tahun), SMP/SMA (3 tahun), PT (5tahun)
Kontrak Minimal : 1 tahun

Pembebasan rekening listrik selama 5 tahun
Ketentuan :
Setoran = 13 x besar subsidi yang diinginkan
Cashback = 75% x setoran
Lama Kontrak : 5 tahun
Kontrak Minimal : 1 tahun

Arisan motor senilai 12 juta-an segala merek
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 1 juta
Administrasi = 100ribu
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 unit
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 unit
Bulan ke-32 keluar 16 unit, semua BPKB keluar bulan ke-33

Arisan umrah ke tanah suci
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 2 juta
Administrasi = 200ribu
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 paket
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 paket
Bulan ke-32 keluar 16 unit

Arisan holy journey
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 5 juta
Administrasi = 500ribu
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 paket
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 paket
Bulan ke-32 keluar 16 paket

Arisan laptop senilai 12juta-an
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 1 juta
Administrasi = 100ribu
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 unit
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 unit
Bulan ke-32 keluar 16 unit

Arisan mobil senilai 100jutaan
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 15 juta
Administrasi = 1juta
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 unit
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 unit
Bulan ke-32 keluar 16 unit, semua BPKB keluar bulan ke-33

Arisan rumah
Ketentuan :
Setoran (sekali saja) = 1 x 15 juta
Administrasi = 1juta
Pengocokan mulai bulan ke-5 sampai bulan ke-28, @ 1 unit
Bulan ke-29 sampai bulan ke-31, @20 unit
Bulan ke-32 keluar 16 unit, semua Sertifikat keluar bulan ke-33

Assalamu’alaikum, Oke.. mari kita sama-sama berjuang membesarkan perusahaan tempat kita bernaung, yang telah memberikan kita kebebasan berpenghasilan tanpa batas.. Salam dari Wonosobo Wassalamu’alaikum.



0 komentar:

Posting Komentar

 

PT WIN WIN LINK SOLUTION BOWO JENGGOT GATEWAY CABANG WONOSOBOBlogger Templates created for Tutorial dan Panduan Blogspot Didukung oleh Bisnis Forex